Mei 20, 2011

KOPI itu nikmat...tapi….???


Adakah di antara kalian yang merupakan pengggemar berat kopi??? Bagi kalian penggemar kopi, mungkin minuman hitam pekat ini merupakan minuman yang wajib diminum setiap harinya. Rasanya tidak lengkap dan merasa ada yang kurang kalau tidak minum kopi sekali aja dalam sehari.
Banyak dari qt yang berpikir, kalau dengan minum kopi yang penting badan bisa segar kembali dan rasa ngantuk juga hilang. Iya ga?? Tapi, qt juga harus tau, ada apa sih dibalik nikmatnya kopi itu??? Salah satu akibat yang ditimbulkan adalah serangan jantung.
Sejumlah peneliti di Belanda mengamati tingginya kadar homosistein dalam darah pecandu kopi. Apa siy homosistein tiu?? Homosistein merupakan substansi yang terbentuk dari metionin, yakni suatu asam amino esensial yang terbentuk pada saat tubuh mengeluarkan protein. Nah, kalau homosistein meningkat, risiko penyakit jantung juga jadi lebih besar.
Meski belum jelas bagaimana persisnya asam amino esensial mengganggu jantung, sudah terbukti bahwa zat tersebut acap kali menyebabkan timbulnya luka di berbagai lapisan dalam pembuluh darah arteri dan selanjutnya menjadi tempat menumpuknya asam lemak dan kalsium. Timbunan ini bisa mengakibatkan pengerasan dinding pembuluh darah arteri (arteriosklerosis).
Seorang peneliti Belanda menambahkan, dua minggu setelah setiap hari minum enam cangkir kopi, konsentrasi homosistein seseorang naik 10% dari angka normal. Begitu juga kadar kolesterol dan trigliserida. Namun, kenaikan ini tidak permanen. Bila kopi dihentikan dan keadaan tubuh sehat, kelebihan homosistein dapat secara alami normal kembali. Selain dengan mengurangi kafein, kenaikan kadar homosistein dapat pula dicegah dengan mengurangi konsumsi protein hewani yang banyak mengandung metionin.
Bila dalam sehari minum 1,360 g kopi kasar (sekitar 6-7 cangkir), diperkirakan risiko untuk terkena serangan jantung atau stroke naik 10%. Selain itu kadar vitamin B6 bisa berkurang sampai 21%.
Atas dasar itu alangkah baiknya tidak minum kopi, khususnya bagi mereka yang berisiko tinggi penyakit jantung. Kopi bisa digantikan segelas air jeruk, sayuran hijau, disertai konsumsi vitamin B6 dan B12. Jenis-jenis makanan dan minuman ini tidak mengandung seng dan kafein tapi tinggi mineral, vitamin serta asam folat. Padahal vitamin B6, B12, dan asam folat sangat berperan dalam menurunkan kadar homosistein dalam tubuh, sehingga penyakit jantung koroner pun bisa dihindari.
Minum kopi sih nikmat… tapi hati-hati yah…harus inget batasannya…

Tidak ada komentar: